Header Ads

Siswa MTsN Model Dibekali Materi Bahaya Merokok

FOTO: ap
BANDA ACEH | ACEHKITA.CO -- Puluhan siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Model Banda Aceh mengikuti sosialisasi mengenai bahaya merokok selama tiga hari, 13-15 Oktober 2014.

Sosialiasi itu merupakan hasil kerjasama MTsN Model bersama Diploma IV Program Studi Keperawatan Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Aceh. Sosialisasi itu mengetengahkan beragam materi mengenai bahaya merokok, seperti dampak nikotin bagi kesehatan dan pengaruh rokok terhadap perilaku perokok.

Ainal Mardhiah, salah seorang pemateri, menyebutkan, rokok bisa membahayakan kesehatan --tak hanya bagi perokok, tapi juga kepada orang yang berada di sekitar perokok.

"Rokok dan tembakau menjadi penyebab kematian, kasusnya melebihi kematian akibat infeksi virus HIV/AIDS dan TBC (tuberculosis)," sebut Ainal Mardhiah, Rabu (15/10/2014).

Menurut Ainal, banyak siswa yang masih beranggapan bahwa merokok bisa membuat orang menjadi lebih jantan. Namun, selama sosialisasi yang juga menghadirkan Nurleli, Hermansyah, Muhammad, dan Zulkifli Ns, itu paradigma siswa menjadi berubah. "Setelah pelatihan siswa menganggap yang merokok banci. Ini hasil yang mengejutkan," ujar Ainal. []

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.