Header Ads

Pedebus Yun Casalona Berpulang

BANDA ACEH | ACEHKITA.CO -- Inna lillahi wainna ilaihi rajiun. Para seniman Aceh berduka, setelah Yun Casalona berpulang ke rahmatullah, sekira pukul 14.30 WIB tadi, di rumahnya di kawasan Peukan Bada, Aceh Besar.

Yun Casalona merupakan pekerja teater dan seniman debus yang cukup dikenal publik Aceh. Aksi panggung Yun Casalona menimbulkan decak kagum para penonton, terutama saat dia menusuk badan sendiri dengan senjata tajam.

Pekerja seni di Banda Aceh  Azhari Aiyub, menyebutkan, Yun Casalona merupakan seniman yang berhasil memadukan seni tradisi dengan modern. "Ia memainkan debus dengan musik rock atau dikenal dengan debus rock," kata Azhari kepada acehkita.co.

Cara Yun berdebus, kata Azhari, mengubah cara orang bermain debus. "Biasanya debus dipadukan dengan rapai, Yun memadukannya dengan musik rock," ujar pemilik antologi cerpen Perempuan Pala itu.

Tak hanya debus, Yun Casalona juga seorang pekerja teater. Ia mendirikan Teater Kuala yang melahirkan banyak pekerja seni di Aceh.

Yun berpulang akibat menderita komplikasi penyakit dalam beberapa tahun terakhir ini. Kepergian Yun Casalona, di mata Azhari "membuat pegiat seni di Aceh kehilangan". []

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.